Magazine Cultura

Manisan Buah dengan Berbagai Manfaatnya

Creato il 23 dicembre 2014 da Alessandro Manzetti @amanzetti

Manisan buah adalah salah satu makanan yang dibuat dari berbagai jenis buah yang direndam dalam larutan gula selama beberapa waktu. Manisan buah ini ada karena perkembangan terhadap sistem pengawetan makanan. Metode penggunaan perasa untuk pengawetan sering digunakan seperti juga penggunaan garam pada ikan asin.

Manisan Buah dengan Berbagai Manfaatnya

Manisan buah secara garis besar terbagi menjadi 3 diantaranya manisan basah, manisan kering, dan yang terakhir adalah acar. Beberapa contoh manisan basah seperi manisan kolang kaling, manisan mangga, manisan kedondong dan lain sebagainya.

Manisan Buah dengan Berbagai Manfaatnya

Untuk manisan kering biasanya pemrosesannya ditambah dengan cara pengeringan. Seperti manisan kedondong setelah ditiriskan dan dikeringkan maka bisa juga menjadi manisan kering. Sedangkan jenis manisa acar adalah penggunaan cuka yang dominan. Yang biasa digunakan untuk acar adalah mentimun wortel dan juga kedondong.

Manisan Buah dengan Berbagai Manfaatnya

Adapun manfaat pengolahan buah menjadi manisan ini pada awalnya muncul karena berusaha mengawetkan makanan. Sedangkan secara khusus kegunaan bagi manusia adalah tergantung pada buah yang digunakan. Misalkan manfaat kolang kaling yang cukup banyak seperti untuk diet dan memperlancar pencernaan. Kalau misalkan menggunakan belimbing, maka manfaat buah belimbing sendiri juga cukup banyak diantaranya untuk menaikkan nafsu makan.

Demikian pembahasan seputar manisan buah, semoga bisa memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian.


Ritornare alla prima pagina di Logo Paperblog

Dossier Paperblog

Magazine